Top Ad unit 728 × 90

    Bersih Desa Bekare Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo Bersama Mahasiswa KKN Akbid Harapan Mulya Ponorogo

    Kerja bakti adalah salah satu kebudayaan sekaligus kekayaan Indonesia yang perlahan mulai memudar. Kegiatan ini biasanya dilakukan secara berkelompok / bersama-sama masyarakat sekitar dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu seperti membersihkan selokan, membersihkan masjid, pengerasan jalan, dll. 

    Dari pengertian kerja bakti di atas dapat kita simpulkan bahwa kegiatan ini merupakan usaha masyarakat untuk mencapai tujuan yang sama. Pada sebagian daerah kegiatan ini juga dikenal sebagai gotong royong, ada pula yang menyebutnya gugur gunung.

    Salah satu warisan leluhur bangsa Indonesia ini kini masih dapat dijumpai, meskipun tidak seperti dulu lagi. Kegiatan yang dilakukan bersama-sama ini biasanya kita lakukan di sekolah, kampung, desa, dan organisasi lain. 

    Kerja bakti dimaksudkan juga untuk bertemunya antar warga karena kesibukan sehari-hari. dalam kerjabakti ini kita dapat menikmati susana sambil bersenda gurau yang dapat menimbulkan kegembiraan dan keakraban antar warga. Dalam kerja bakti para pejabat RT ataupun pemerintahan dapat memberikan semangat dan pengarahan dalam masalah kebersihan, sampah dan kebijakan pemerintahan. Hanya dibutuhkan kemauan/niat dari para pejabat pemrintah setempat untuk turun kelapangan.

    Kerja bakti merupakan kegiatan yang tidak mengharapkan imbalan uang, dilakukan secara sukarela , hasilnya dapat dinikmati bersama-sama, dalam situasi sekarang ini memang sulit dilakukan karena kesibukan dan rasa egoisme dari pribadi. Kerja bakti merupakan sarana kebersamaan antar warga guna membantu tercapainya kenyamanan desa dengan melakukan pembangunan-pembanguna yang bermanfaat bagi desa bersangkutan. Karena semua warga terutama pria berkumpul sedangkan ibu-ibu menyiapkan makan dan minum ala kadarnya, menjadikan rasa saling gotong royong dalam kerja bakti tersebut akan menciptakan kerukunan yang mungkin sulit dicapai pada kesempatan lain. Inilah momentum untuk membangun kerukunan antar warga.

    Kerja bakti ini dilakukan pada tanggal 08 April 2018 di setiap dukuh di Desa Bekare yaitu di dukuh Munung , dukuh Bugis Dan Dukuh Kepandean. Semua warga penuh antusias untuk membersihkan dukuhnya masing-masing guna tercapai desa yang bersih dan nyaman.

















    Bersih Desa Bekare Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo Bersama Mahasiswa KKN Akbid Harapan Mulya Ponorogo Reviewed by DESA BEKARE on April 08, 2018 Rating: 5

    No comments:

    All Rights Reserved by Informasi Desa Bekare © 2016 - 2018
    Powered By Desa Bekare, Share by Web Master

    Biểu mẫu liên hệ

    Name

    Email *

    Message *

    Powered by Blogger.