Top Ad unit 728 × 90

    Membangkitkan Kembali Minat Baca Diusia Senja


      Senam bersama Posyandu Lansia Bhakti Senja Desa Bekare
    Pos Pelayanan Terpadu Lanjut Usia (Posyandu Lansia) “Bhakti Senja” merupakan satu dari beberapa program pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan yang dilaksanakan pemerintah desa Bekare. Melalui posyandu lansia diharapkan masyarakat dapat terlayani kesehatannya serta   kesejahteraan lansia, baik fisik maupun psikologis meningkat. Mengapa lansia?
     Karena dalam masa lansia terdapat permasalahan   yang harus diperhatikan baik fisiologis dan psikososial. Secara fisiologis seiring bertambahnya usia, maka fungsi normal tubuh akan menurun. Fisik akan menjadi lemah, kerja organ tubuh menurun yang hal ini akan berdampak pada aktivitas harian seseorang. Daya tahan tubuh yang rendah pada lansia, juga membuat mereka menjadi lebih rentan untuk terkena berbagai penyakit. Secara psikososial bahwa lansia sangat rentan terhadap masalah psikologis, sehingga mereka mudah untuk menderita depresi. Masalah psikologis lansia yang paling sering dirasakan ialah kesepian. Kesepian timbul akibat ditinggalkan oleh pasangan hidup, sebaya dan keluarga yang juga telah banyak berpulang, serta anak-anak yang mulai hidup masing-masing. Kesepian ini akan menimbulkan kedukaan dan kesedihan hingga berujung kepada depresi.

    Semangat sehat di Nopember

    Melalui Posyandu Lansia “ Bhakti Senja” selain pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan, baik keluhan, tekanan darah, pemeriksaan kimia darah (kolesterol, gula darah asam urat),  juga dilaksanakan kegiatan  yang bertujuan mempertahankan kesehatan fisik para lansia agar selalu bugar. Posyandu lansia rutin mengadakan olahraga ringan yang sesuai untuk usia mereka, sehingga memenuhi kebutuhan aktivitas fisik mereka. Secara tidak langsung di posyandu lansia, para lansia akan bertemu dengan sebayanya, berkomunikasi dan berinteraksi serta juga diajak untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan, sehingga lansia akan lebih kuat dalam menjalani kehidupan sehingga kesehatan psikologis lansia terjaga.

     Membangkitkan kembali minat baca dengan bacaan "budidaya"

    Pada bulan Nopember 2019 Ketua TP PKK Desa Bekare mengajak para lansia yang tergabung dalam “Posyandu Lansia Bhakti Senja” untuk mengingat kembali perpustakaan kuno yang dilanjutkan dengan sosialisasi perpustakaan kekinian dengan programnya “Gerakan Literasi”. Pengelola perpustakaan menyiapkan buku Budidaya untuk membangkitkan kembali minat baca lansia dengan harapan ada impact dari program literasi dimasa mendatang. Mari terus berkarya (Tri Suara Bekare )    

               
    Membangkitkan Kembali Minat Baca Diusia Senja Reviewed by DESA BEKARE on November 05, 2019 Rating: 5

    No comments:

    All Rights Reserved by Informasi Desa Bekare © 2016 - 2018
    Powered By Desa Bekare, Share by Web Master

    Biểu mẫu liên hệ

    Name

    Email *

    Message *

    Powered by Blogger.