Top Ad unit 728 × 90

Layanan Holistik Integratif Balita Melalui Taman Posyandu





Jadwal Kegiatan rutin Taman Posyandu Desa Bekare dilaksanakan setiap tanggal  10, 11, 12 setiap bulan dengan 3 lokasi (pos), Bugis, Munung, dan Kepandean. Untuk memotivasi kehadiran  dalam pelaksanaannya Munung dan Bugis menjadi satu tempat dengan tanggal yang sama, setiap tanggal 12 di balai desa. Meskipun demikian masing- masing  pos memiliki kader yang berbeda. Mengapa Taman Posyandu?
Taman Posyandu Desa Bekare
 Usia  balita adalah masa golden age bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, karena pada masa itu  perkembangan otak mencapai 80%. Sehingga anak akan mampu menyerap semua informasi tanpa bisa membedakan baik buruknya. Informasi yang diterima merupakan pondasi bagi karakter, pengetahuan, komunikasi, pengetahuan dan ketrampilannya. Maka pada masa ini kebutuhan anak anak harus tercukupi sehingga pertumbuhan dan perkembangannya tercapai dengan maksimal. Kebutuhan dasar anak meliputi asah asih dan asuh.Untuk memenuhi kebutuhan dasar tersebut diperlukan layanan yang holistik integratif, yaitu layanan terpadu dengan menggabungkan beberapa program. Taman Posyandu merupakan program holistik integratif yang berada disetiap desa  untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak dengan menggabungkan 3 program yaitu Pos  Pelayanan Terpadu (Posyandu), Bina Keluarga Balita (BKB) dan Pendidikan Anak Usia  Dini (PAUD). Posyandu melayani balita untuk pelayanan kesehatan, BKB untuk pendidikan keorangtuaan/pengasuhan  dan PAUD untuk pendidikan Balita.          
          Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 08.00-11.00 WIB, mulai dari persiapan , pelaksanaan dan evaluasi.
Dalam kegiatan posyandu terdapat 5 meja denag 5 kader yang bertugas,  yaitu :
1. Pendaftaran
2. Penimbangan
3. Pencatatan
4. Penyuluhan
5. Pelayanan
Kegiatan BKB melayani 5 kelompok orang tua ( sesuai usia balita) dengan 5 kader, yaitu:
1.  0-1 tahun
2.  1-2 tahun
3.  2-3 tahun
4.  3-4 tahun
5.  4-5 tahun
Kegiatan PAUD melayani anak usia 3-4 dan 4-5 tahun dengan 4  kader


                Dalam pelaksanaan Taman Posyandu di desa, setiap layanan program mendapat pembinaan dan pendampingan dari dinas terkait. Pembinaan Posyandu dari Dinas Kesehatan, BKB dari BKKBN serta PAUD dari Bunda PAUD Desa maupun Dinas Pendidikan. Sehingga program-program  Taman Posyandu merupakan layanan terpadu yang diharapkan mampu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak balita. (Myantie)
Layanan Holistik Integratif Balita Melalui Taman Posyandu Reviewed by DESA BEKARE on March 12, 2019 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Informasi Desa Bekare © 2016 - 2018
Powered By Desa Bekare, Share by Web Master

Biểu mẫu liên hệ

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.