Top Ad unit 728 × 90

Pemeriksaan Kolestrol,Gula Darah dan Asam Urat di Desa Bekare kepada Kelompok POSBINDU Desa Bekare


Pengertian Kolesterol 

 Kolesterol adalah Kolesterol dikenal sebagai hal atau sesuatu yang negatif dan harus dihindari, sebenarnya itu tidak 100% benar karena pada kenyataannya kolesterol diperlukan oleh tubuh kita seperti pembentukan garam empedu, vitamin D dan produksi beberapa jenis hormon tetapi saat jumlahnya berlebihan akan menimbulkan masalah. Kadar kolesterol dalam tubuh manusia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia karena jumlah kolesterol yang diproduksi tubuh semakin tinggi, hal ini diperparah dengan konsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol dan kurang olahraga.

Jenis-jenis kolesterol :
Kolesterol total: < 200 mg/dL
Trigliserida: < 150 mg/dL
HDL: > 55 mg/dL (pria) dan >65 mg/dL (wanita)
LDL: < 150 mg/dL

Ukuran kadar Kolesterol normal
  • Kurang dari 200 mg/dL, ukuran ini merupakan takaran kadar kolesterol yang normal. Artinya jumlah kadar kolesterol LDL, HDL, serta Trigliselida masih kurang dari angka 200 mg/dL. Jika hal itu terjadi maka resiko terkena penyakit jangtung akan semakin tipis atau sedikit.
  •  Berada pada angka 200 – 239 mg/dL, ukuran ini masih tergolong kolesterol cukup.
  •  Lebih dari ukuran 240 mg/dL merupakan ukuran kadar kolesterol yang tinggi, hal ini dapat memicu penyakit jantung korener.



Gula Darah adalah tingkat glukosa yang ada dalam darah. Tingkat glukosa di dalam tubuh telah diatur dengan ketat, karena glukosa atau gula darah yang mengalir di dalam darah merupakan sumber energi yang utama untuk sel di dalam tubuh manusia.

Jenis-jenis Glukosa :
Gula darah sewaktu <140 mg/dL
Gula darah puasa: <128 g/d

Ukuran kadar Gula Darah normal 

  •  Ketika orang sedang melakukan puasa kadar gula normal dalam tubuh adalah 4 – 7 mmol/I atau setara dengan 72 – 126 mg/dL
  • Sedangkan setelah kurang lebih 90 menit kita makan, kadar gula darah yang normal dalam tubuh adalah 10 mmol/I atau setara 180 mg/dL
  •  Dan pada malam hari kadar gula darah yang normal dalam tubuh kita adalah 8 mmol/I atau setara 144 mg/dL
Pengertian Asam Urat 
Asam Urat adalah bagian dari metabolism purin, namun apabila tidak berlangsung secara normal maka akan terjadi sebuah proses penumpukan Kristal dari asam urat pada persendian yang bisa mengakibatkan rasa sakit yang cukup tinggi. Sebenarnya asam urat sudah ada pada tubuh kita dan bukan suatu penyakit, asal asam urat tersebut dalam nilai yang normal.
 Jenis-jenis Asam urat :

Pria: 3,4 - 7,0 mg/dL
Wanita: 2,4 - 5,7 mg/dL
Ukuran kadar asam urat normal :
  • Pada laki-laki dewasa kadar normal asam uratnya adalah sekitar 2 – 7,5 mg/dL, sementara itu pada wanita yang sudah dewasa adalah 2 – 6,5 mg/dL.
  •  Pada laiki-laki dengan usia diatas 40 tahun kadar normal asam uratnya 2 – 8,5 mg/dL, pada wanita 2 – 8 mg/dL
  •  Anak-anak yang berusia 10 – 18 tahun kadar asam uratnya 3,6 – 5,5 mg/dL, sementara itu pada anak wanita 3,6 – 4 mg/dL


Pemeriksaan Kolestrol,Gula Darah dan Asam Urat di Desa Bekare kepada Kelompok POSBINDU Desa Bekare Reviewed by DESA BEKARE on March 27, 2018 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Informasi Desa Bekare © 2016 - 2018
Powered By Desa Bekare, Share by Web Master

Biểu mẫu liên hệ

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.