Top Ad unit 728 × 90

BEKARE DALAM PROGRAM “TRANSFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS INKLUSI SOSIAL”

 
Sosialisasi program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial
Perpustakaan merupakan kunci kemajuan peradaban sebagai pusat ilmu pengetahuan yang melahirkan berbagai inovasi, pusat kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat, dan pusat kebudayaan untuk pelestarian khazanah naskah nusantara. (Kementerian PPN/Bapenas , 2019)
  Tahun 2019 Perpustakaan Desa  Bekare lolos dalam seleksi program “Kebijakan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial” yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional. Sebagai tindak lanjut  program, hari ini Senin 29 April 2019 dilaksanakan Sosialisasi sekaligus Pelatihan sebagai  awal kegiatan. Sosialisasi  disampaikan oleh Pengelola Perpustakaan Desa yang telah mengikuti Sosialisasi dari Perpustakaan nasional. Pelatihan berkolaborasi dengan PKK dalam rangka menyongsong hari raya dengan pembuatan "pastry dan bakery lebaran". Tujuan transformasi perpustakaan adalah untuk meningkatkan literasi informasi berbasis TIK dan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat . Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna perpustakaan. 
 Pelatihan untuk pengembangan ekonomi masyarakat desa
Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial bertujuan untuk memperkuat peran dan fungsi perpustakaan, agar tidak hanya sekadar tempat penyimpanan dan peminjaman buku, tapi menjadi wahana pembelajaran sepanjang hayat, dan pemberdayaan masyarakat. Dalam program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial , perpustakaan berfungsi sebagai :
1. Perpustakaan pusat ilmu pengetahuan, pusat kegiatan masyarakat, dan pusat       kebudayaan
2. Perpustakaan memfasilitasi masyarakat untuk mengembangkan potensi yang       dimiliki
3. Perpustakaan menjadi wadah untuk menemukan solusi dari permasalahan           kehidupan masyarakat
4. Perpustakaan dirancang lebih berdaya guna bagi masyarakat

Perpustakaan harus mulai mengubah paradigma literasi keberaksaraan menuju paradigma literasi yang memberdayakan masyarakat.


Salam literasi......
BEKARE DALAM PROGRAM “TRANSFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS INKLUSI SOSIAL” Reviewed by DESA BEKARE on April 29, 2019 Rating: 5

1 comment:

  1. Ibu2 desa Bekare pancen the best
    Terus semangat berkaya mari kita bersama2 kita tunjunkan prestasi,kita pasti bisa&mampu

    ReplyDelete

All Rights Reserved by Informasi Desa Bekare © 2016 - 2018
Powered By Desa Bekare, Share by Web Master

Biểu mẫu liên hệ

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.