Top Ad unit 728 × 90

Pelatihan Pengelolaan sampah Plastik Desa Bekare


Dalam mengolah sampah plastik yang efektif, perlu sekali upaya yang menyeluruh. Baik ditingkat pencegahan atau antisipasi sebelum dibuang, sampai bagaimana pengolahannya ketika sudah ditingkat daur ulang.
Dan hal yang terbaik sebetulnya adalah pada langkah bagaimana sampah plastik itu sebelum dibuang atau di daur ulang.
Diperlukan kiat-kiat bagaimana mengolah sampah plastik lebih efektif sebelum masuk ke pengolahan,
Kemudian, setelah berbagai upaya pengolahan lebih awal, salah satunya juga dengan dibuat,   Daur ulang dengan aneka kerajinan dari botol Plastik. Maka Langkah pengolahan dengan daur ulang dg cara dihancurkan adalah hal yang terakhir dilakukan.
Dan untuk pengolahan sampah plastik, ternyata untuk setiap jenis plastik memiliki sistem pengolahan sendiri. Untuk plastik jenis LDPE, HDPE, PET, PVC, PS, dan PP.

Tahapan Cara Mengolah Limbah Plastik

Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam mendaur ulang plastik, kami kemas dalam 7 langkah mengolah limbah plastik yang menguntungkan, yaitu:
  1. Bersihkan plastik dari kontaminer seperti kertas, ataupun tipe plastik yang lain (biasanya berasal dari label plastik atau sisa isi yang masih melekat).
  2. Untuk membersihkan bisa menggunakan cutter maupun dicuci sampai benar-benar bersih dari gudang awal.
  3. Pipihkan plastik (bila berongga seperti botol) dengan cara menginjaknya atau menggunakan mesin pres.
  4. Masukkan ke dalam mesin penghancur atau pencacah plastik.
  5. Pilah kembali serpihan plastik untuk membedakan tiap tipe plastik. Media yang digunakan adalah air atau minyak goreng. Berikut identifikasi yang dapat dilakukan untuk membantu membedakan antar tipe plastik.
  6. Plastik yang telah dibedakan tipenya (tenggelam dan mengapung), dipisahkan untuk diproses sesuai dengan tipenya. Serpihan akan dimasukkan ke dalam mesin peleleh (melting).
  7. Setelah diproses pada mesin melting, hasil yang keluar berupa strand yang kemudian dipotong dengan menggunakan mesin pellet dan dihasilkan bijih plastik.
Jika melihat proses pengolahan limbah plastik seperti diatas, ada ditahap manakah posisi kita?
Untuk pengolahan sampah di tingkat masyaraat, biasanya baru sampe ke pemilahan dan perajangan sampah plastik. Proses melting biasanya membutuhkan melter, dan mesin melter membutuhkan biaya yang besar.
Jadi dengan demikian, kita bisa mengukur sejauh mana peran yang akan kita ambil dalam mengolah limbah plastik.
Selamat berkarya mengentaskan problem lingkungan, sedikit langkah yang kita lakukan, jauh lebih baik dari banyak planning yang tidak terlaksana.
Pelatihan Pengelolaan sampah Plastik Desa Bekare Reviewed by DESA BEKARE on November 04, 2018 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Informasi Desa Bekare © 2016 - 2018
Powered By Desa Bekare, Share by Web Master

Biểu mẫu liên hệ

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.